Vaksinasi Anak di Lotim Belum Terlaksana Lantaran Stok

Kategori Berita

Iklan

Vaksinasi Anak di Lotim Belum Terlaksana Lantaran Stok

radarntb.net
Rabu, 12 Januari 2022

Kadis Dinkes Lotim Pathurrahman: Vaksinasi Anak di Lotim Belum Terlaksana Lantaran Stok

LOMBOK TIMUR (RadarNTB) - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sampai saat ini belum terlaksana, lantaran Dinas Kesehatan (Dnikes) Lotim masih menunggu stok vaksin atau dropping vaksin dari provinsi maupun pusat.


Kepala Dinkes Lotim, H Pathurrahman kepada RadarNTB di gedung Rupatama Kantor Bupati Lotim, Rabu (12/1/2022) mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Lotim sampai saat ini masih terkendala stok vaksin yang masih minim. Oleh sebab itu pihaknya telah mengusulkan pendistribusian vaksin dari pusat dan juga provinsi dan kabupaten.


“Kemarin kita sudah berkoordinasi dengan provinsi tapi masih menunggu dropping dari pusat, mudah-mudahan bisa terealisasi dalam waktu dekat,” jelasnya.


Adapun ketersediaan vaksin yang dibutuhkan Lotim yakni sekitar 105 ribu dari jumlah sasaran sebanyak 125 ribu. Adapun untuk sisanya, Dinkes Lotim masih mempunyai stok vaksin untuk mencukupi jumlah sasarannya.


“Kemarin kita sudah usulkan 105 ribu dosis. Nantinya anak-anak akan mendapat vaksin Sinovac,” katanya


Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah(Sekda) Lotim M Juaini Taufik, menjelaskan bahwa syarat pelaksanaan vaksinasi bagi anak di Kabupaten Lotim sudah terpenuhi semuanya, akan tetapi saat ini masih terkendala oleh ketersediaan vaksin yang masih minim.


“Kita sudah berkoordinasi dengan Kapolres, insya Allah 2-3 hari akan datang 100 ribu vaksin dan itu kita akan khususkan bagi vaksinasi anak,” 


"Insya Allah hari ini kami bersurat ke jajaran Dinas pendidikan untuk diteruskan ke sekolah-sekolah nya supaya pembelajaran tatap muka ini bisa kita manfaatkan untuk vaksinasi" ujar Sekda.


"namun sebelum itu harus ada sosialisasi yang dilakukan baik guru dan stakeholder untuk menangkis ada nya efek samping dari vaksin tersebut," pungkasnya (lia)